Top 5 Entri

Jumat, Desember 23, 2011

Cara Mencairkan dan Memanaskan Makanan

Untuk mencairkan makanan secara perlahan, tempatkan (porsi) makanan yang akan dikonsumsi anak Anda hari itu dalam kulkas (bukan bagian pembeku). Makanan akan mencair dalam beberapa jam.
Untuk mencairkan makanan secara cepat, gunakan steamer atau pemanas elektrik atau letakkan makanan beku dalam pinggan tahan panas, rendam pinggan dalam wadah berisi air panas atau dalam panci lalu panaskan dengan api kecil.
Apabila harus menghangatkan makanan menggunakan microwave, perhatikan bahwa panasnya merata sehingga terhindar dari hot pockets (panas di sebagian tempat saja). Caranya, panaskan makanan lalu aduk-aduk rata, panaskan lagi sebentar. SebelumTes Jika Anda menggunakan microwave untuk mencairkan atau memanaskan makanan, pastikan Anda mengaduk rata makanan untuk menghindari hot pockets (bagian tertentu panas sementara bagian lain tidak panas). Apapun metode memanaskan dan mencairkan makanan yang Anda gunakan, aduklah makanan dengan rata dan cicipi menggunakan jari Anda agar memastikan makanan tersebut tidak terlalu panas untuk anak Anda. Sebelum mengidangkan makanan, teteskan sedikit makanan pada jari Anda untuk memastikan makanan tidak terlalu panas sehingga tidak membakar lidah dan mulut anak.


Sumber:
· *Feeding Infants Guide - Nutrition Team @ the USDA - p88
· Fast Tips for Safe Food Prep
· FDA - Consumer Food Safety
· USDA-NAL Food Safety Links - Food Safety Research Information Office
· Safely Preparing Homemade Baby Food, http://www.wholesomebabyfood.com/tip27May.htm
· Pureeing & Storing Baby Food, http://www.wholesomebabyfood.com/pureestore.htm
· Making Your Own Baby Food, http://www.askdrsears.com/html/3/T032300.asp
· Parents’ Survival Guide to Transitional Feeding, The Institute of Pediatric Nutrition

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar