Top 5 Entri

Jumat, Desember 23, 2011

ATURAN TUNGGU 4 HARI (4 Days Wait Rule)

Ini adalah aturan yang berguna untuk mengetahui apakah anak kita alergi terhadap satu makanan/bahan makanan.
Kayaknya sepele, tapi berguna sekali lho! Terutama bagi bayi yang baru mulai makan makanan padat/MPASI. Susah juga kan kalo anak kita jadi alergian…. Yang susah ya maknya juga...
Selain itu kita jadi tahu, dan bisa langsung menghindari makanan-makanan tersebut.
Aturan itu adalah:
1. Berikan bayi makanan yang SAMA selama 4 hari berturut-turut. Hal ini untuk melihat, apakah ada reaksi alergi dari si anak terhadap makanan.
2. Jangan memperkenalkan lebih dari 1 macam makanan baru dalam satu waktu. Kalau kita mencampur lebih dari 1 makanan dan ternyata terjadi alergi, kita nggak akan tahu makanan mana yang bikin alergi. Gicuu…
Nggak usah mikir apakah bayi akan bosan atau tidak. Kebanyakan bayi baru makan belom ngerti apa yang mereka makan. Asalkan rasanya nggak beda jauh sama yang mereka ‘makan’ sebelumnya… yaitu ASI/Sufor. (itulah sebab makanan bayi pertama kali sebaiknya dibuat encer dengan tambahan ASI/Sufor)
Kedua aturan simple tadi akan sangat membantu, terutama kalau memang ada ‘turunan’ alergi dari orang tua/keluarga.
Reaksi alergi itu sendiri biasanya akan muncul dalam 24 jam setelah makanan masuk.
Oya, akan lebih baik mengenalkan makanan baru di pagi hari atau siang hari.
Kenapa?
Karena, kalau misalnya terjadi reaksi alergi, kita bisa dengan mudah membawa ke dokter. Dan kalaupun parah, akan lebih mudah mencari bantuan di siang hari daripada malam hari kan?
Naah.. bila bayi sudah diperkenalkan pada sebuah bahan makanan dan nggak terjadi reaksi alergi / reaksi pencernaan,mbaru deh boleh dicampur-campur… AMAN!

Ditulis bebas oleh Depezahrial
SUMBER: www.wholesomebabyfood.com
Milis MPASI Rumahan
mpasirumahan@yahoogroups.com

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar