Top 5 Entri

Jumat, Mei 19, 2017

Anak Sangat Bergantung Pada Ibunya

#tanya bunda Bentangegi

Anak saya hampir 4 tahun. Sejak lahir bisa dibilang tidak pernah pisah dengan saya.
Bekerja pun saya memilih pekerjaan yang bisa membawa anak.
Sekarang rasanya yang saya lakukan salah karena dia sekarang sebentar sebentar "Ibuuuuu, Ibuuuu."
Saya rasanya mau meledak, dan jatuhnya memang saya ngomeeeeel sepanjang 3 minggu ini.
Sampai-sampai anak saya sudah lari tidak mau mendengarkan saya lagi sekarang.
Saya menjadi ibu pemarah sekarang. Sampai senyum dengan anak sendiri pun susah sekali.
1. Langkah-langkah apa yang harus saya lakukan agar "kembali" ke jalan yang lurus Mas?
2. Lalu waktu proposional untuk "Me time" itu kapan saja ya? (teman-teman saya bilang saya kekurangan hal ini)
Terima kasiiiih



Halo bunda,

Nyalurin emosi dulu ya yang aman nyaman, udah tau kan mesti gimana? Tinggal bikin kesepakatan sama orang-orang terdekat untuk mau dititipin anak sebentar saat bunda nyalem.
Pada dasarnya anak-anak itu adaptasi saja, kalau kebiasaannya dengan bunda terus ya mereka pada kondisi nyaman untuk andelin bunda dimanapun dan kapanpun, jadi fasilitasi anak untuk belajar adaptasi dengan berbagai situasi, untuk itu butuh bantuan orang-orang terdekat yang bisa diajak kerjasama untuk bantu anak belajar adaptasi, jadi bunda bisa titipkan anak ke orang yang bunda percaya, lalu ditinggal sekian jam misalnya, lalu tingkatkan intensitasnya sampai anak sanggup adaptasi terhadap situasi nggak bersama bundanya.


Kalau di rumah maka terapkan saja soal emosi vs strategi supaya perilaku anak terkelola dengan baik, juga dengan bersepakat, jadi misal anak memanggil ibuuu ibbuuu nyuruh ini itu, ya tinggal bilang; boleh, tapi ambil sendiri ya, boleh tapi lakuin sendirinya dst.


Salam,
Angga
@anakjugamanusia


Sumber: WhatsApp Group AnakJugaManusia

Disclaimer: Artikel atau Tanya-Jawab ini murni jawaban dari mas Angga, salah satu pakar parenting Indonesia. Saya adalah salah satu member Group AJM dan mas Angga telah mengijinkan tulisan beliau dishare dengan menyertakan serta penulis/sumbernya

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar